Diklat Kearsipan

Di era globalisasi ini, manajemen informasi mendapat perhatian yang sangat besar baik oleh Instansi Pemerintah maupun Swasta. Salah satu sumber informasi adalah dalam bentuk arsip. Adanya perhatian terhadap manajemen informasi ini juga mempengaruhi perkembangan pengolahan arsip. Kesadaran dan perhatian terhadap arsip yang secara informatif memberikan gambaran mengenai operasional bisnis. Therefore penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan arsip merupakan hal yang mulai menjadi perhatian di banyak organisasi modern. So that untuk meningkatkan kinerja di bidang kearsipan, Yayasan Manajemen Training Centre Indonesia (MTC Indonesia) mengadakan Diklat Kearsipan.

diklat kearsipan

thus, diklat kearsipan

 For example (Contoh) Diklat Kearsipan :

Menurut Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sistem Kearsipan terbagi menjadi 2 (dua), yaitu :

  1. Sistem Sentralisasi merupakan kearsipan dimana semua surat perusahaan disimpan dalam satu ruangan bukan dalam kantor terpisah.
  2. dan Sistem Desentralisasi adalah sistem kearsipan yang dalam pelaksanaannya tidak dipusatkan pada satu unit kerja, because masing-masing unit pengolah menyimpan arsipnya.
Peranan arsip sebagai sumber informasi dan sumber dokumentasi. Diketahui peranan arsip sebagai sumber informasi yaitu dapat membantu mengingatkan petugas yang lupa mengenai suatu masalah. While, peranan arsip sebagai sumber dokumentasi yaitu dapat dipergunakan oleh pemimpin organisasi untuk membuat  ataupun mengambil keputusan secara tepat mengenai masalah yang sedang dihadapi. In conclusion peranan arsip adalah :
  • alat pembuktian.
  • alat utama dalam ingetan organisasi.
  • bahan dasar perencanaan dan pengambilan keputusan.
  • and then bahan informasi kegiatan ilmiah lainnya.

Berdasarkan artikel diatas dapat di simpulkan bahwa tujuan dari diadakannya bimtek maupun diklat kearsipan adalah guna memantapkan dan meningkatkan pemahaman di bidang kearsipan. Besides that, diklat kearsipan juga membantu para peserta bimtek lebih memahami pentingnya memanajemen sebuah kearsipan, fungsi dan nilai dari arsip itu sendiri.

 

Diklat Kearsipan